The english teaching and learning is still dominated by teacher centered approach. As a result, students have problems to understand academic concepts. Therefore the teacher shouuld shift their teaching to learner centered approach by using Contextual teaching and learning (CTL). The research method used is quantitative method.The research conclude that CTL is able to improve vocabulary mastery…
Penggunaan model pembelajaran CTL pada materi satuan waktu dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa
Peningkatan kemampuan pemahaman CTL lebih baik dibandingkan menggunakan model konversional kesulitan yang dihadapi siswa dalam pemahaman konsep IPA antara lain mengidentifikasi objek perpindahan kalor, menyajikan konsep IPA berdasarkan.
Validasi produk dari validator satu 92% dan validator dua 94% respons siswa uji coba terbatas74,1% dan uji coba luas77,8% kemampuan/keterampilan menulis siswa uji cobaTerbatas 79 dan uji coba luas 74,4
terdapat peningkatan pada pemahaman siswa konsep mamtematis siswa kelas II SD menggunakam model CTL berbantuan media powerpoint.
Pada penelitian ini CTL berbantuan ICT sudah sesuai dengan langkah-langkah yang tercantum dalam RPP yang menunjukan hasil 87,5% respon guru dan siswa dalam pembelajaran ini hasilnya baik. Kendala yang dihadapi guru menggunakan metode CTL memiliki hasil 22,3%
Skenario dan implementasi pembelajaran berjalan dengan interaktif, dan sangat baik dengan persentasi pertemuan pertama 88% dan pertemuan kedua 94%, respon siswa mendapatkan 69% dengan kategori baik. Kesulitan siswa yaitu menelaah kaidah kebahasaan, ejaan, dan unsur teks cerpen. Kendala guru dalam pembelajaran daring, kesulitan mempersiapkan siswa kurang menyukai metode
1. Peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas I dengan model CTL mencapai 78,52% dengan bantuan media video.rn2. Satu siswa mengalami kesulitan menyimak dengan model CTL dengan persentase 73%.rn3. Guru tidak mengalami kesulitan dengan penerapan model CTL.