There is significant in increase student's vocabulary mastery using the cooperative learning.
The process of developing the product follow the development stages of puslitjaknov team consist of 5 stages, The feasibility of the product categorized as very valid", the product categorize as "very good" based on students & teacher"
Null hypothesis in this research was accepted, since there is no significand difference between the student in the class experimental and in the class control
Penelitian ini menggunakan metode descriptive qualitative. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari pengimplementasian metode yang digunakan siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu siswa memberikan respon positif terhadap implementasi penelitian melalui angket yang diberikan oleh guru. kemudian berdasarkan data yang diambil dari lembar observasi, score test, dan wa…
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran kosa kata menggunakan metode make a match dalam pembelajaran sudah sesuai dengan skenario dalam RPP. Respon guru terhadap skenario dan pelaksanaan pembelajaran kosa kata menggunakan metode make a match dapat membuat siswa tertarik dengan kegiatan belajar dan membuat siswa aktif. Sementara itu, angket menunjukan bahwa hampir semua siswa …
Hasil penelitian, implementasi melalui model cooperative learning berbantuan media mindmapping berjalan 100% sesuai, respon siswa pada pernyataan positif 100% menyatakan setuju dan pertanyaan negatif 100% mengatakan tidak setuju, siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan PUEBI terutama tanda baca, dan menyusun teks fabel sesuai dengan struktur terutama pada bagian resolus…