Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan studi awal yang menunjukkan kondisi perkembangan anak kelas A dalam kemampuan sosial emosional sebelumnya. Kajian teori yang disajikan pada penelitian ini adalah konsep metode bermain peran, konsep sosial emosional dan konsep pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif. Hasil dan pembahasan penel…
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan strategi peran guru dalam mencerdaskan emosional anak serta bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung peran guru dalam mencerdaskan emosional anak usia dini. Tujuan untuk mengetahui yang di perumusan adalah masalah tersebut diatas. Hasil penelitian strategi guru dalam meningkatk…
Penelitian ini mengkaji tentang penanaman nilai sosial emosional pada anak usia dini melalui model pembelajaran cerita gambar berseri
Pada penelitian ini menunjukan abhwa layanna bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kematangan emosional pada siswa. Hal ini di tunjukan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test.
Bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas XI
Penelitian ini didasarkan pada keawetan dan variasi warna pada eva foam sehingga dapat menarik minat belajar anak pada penelitian ini aspek emosional anak dapat meningkat dengan baik adapun beberapa kompetensi dasar yang ditingkatkan yaitu 2.5 (sikap percaya diri) 2.7 (sikap sabar) 2.8 (sikap mandiri) 4.B3.13 (mengenal emosi diri dan orang lain)
Pada akhirnya anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya dengan sosial emosional yang sangat baik, baik itu di lingkungan sekolah,
Permainan tradisional bakiak memiliki banyak manfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan sosial anak.
Hasil penelitian menunjukkan modul Bimbingan dan Konseling sangat layak digunakan dan efektif meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMPN 5 Cimahi kelas IX
konseling kelompok rasional emotif dapat membantu untuk mengembangkan kecerdasan anak santri penghafal AL-Qur'an dilihat dari implementasi koseling kelompok, respon siswa yang positf dan antusias terhadap proses koseling dan merasa terbentuk dalam kesulitan proses belajar.