Model problem based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPS Siswa kelas IV SD, nilai rat-rata hasil pretest adalah 54,9 lalu meningkat menjadi 81,2 pada hasil posttest
This research was conducted using descriptive qualitative method. The subject of this research were 20 students of eight grade were observation, questionnaire, interview, and test the scenario and the implementation of teaching writing narrative text using video clips thorugh telegram.
Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis ips dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional.
1. Penggunaan model talking stick lebih baik daripada model konvensional pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya di negeriku rn2. Respon guru dan siswa terhadap model talking stick sangat baik rn3. Penggunaan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa proses pembahasan menggunakan model pembelajaran kooperative Tipe Think Pair Share Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman konsep.
Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model jigsaw, selanjutnya kesulitan pada siswa yakni pada indikator menjelaskan, menarik infensi dan menafsirkan, sedangnkan pada kesulitan guru adalah pada saat penyampaian tujuan pembelajaran yang dibentuk lebih sederhana agar dapat dipahami siswa.