Peningkatan kemampuan pemahaman CTL lebih baik dibandingkan menggunakan model konversional kesulitan yang dihadapi siswa dalam pemahaman konsep IPA antara lain mengidentifikasi objek perpindahan kalor, menyajikan konsep IPA berdasarkan.
Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas V setelah menggunakan model pembelajaran proble based learning
Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan signifikan pada siswa yang dijadikan sampel yang diberikan layanan, dan dapat meningkatkan Konsep diri siswa serta kendala-kendala yang munculpada saat layanan berlangsung dapat diantisipasi dengan baik oleh peneliti maupun siswa.
Model problem based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPS Siswa kelas IV SD, nilai rat-rata hasil pretest adalah 54,9 lalu meningkat menjadi 81,2 pada hasil posttest
Model pembelajaran based learning tepat untuk di terapkan dalam pembelajaran PPKN pada materi pengamalan pancasila karena berpengaruh terhadap hasil peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III sekolah dasar
Penggunaan Model Picture and picture berhasil untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siklus air (adanya peningkatan yang sifnifikan).
penggunaan model pmbelajaran CTL sanagt efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis materi pemecahan kelas III sekolah dasar.