Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis rnmatematis siswa kelas X terhadap materi perbandingan trigonometri di berbagai rnkuadran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan rnbahan ajar, kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, efektivitas bahan ajar yang rndikembangkan, dan kendala-kendala yang ditemui pada saat pengembangan bahan rnajar …
Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat peningkatan terhadap kemampuan berpikir siswa kelas V setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning
1. Proses pengembangan bahan ajar telah sesuai dengan prosedur penelitian pengembangan borg and gallrn2. Respon siswa terhadap bahan ajar memiliki respon positifrn3. Bahan ajar tersebut efektif untuk digunakan
Proses pengembangan LKPD sesuai dengan langkah-langkah 4D, LKPD mengunakan model discovery learning berbantuan livewroksheets layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikit kritis.
Pengembangan bahan ajar ini menggunakan tahapan model menurut Borg and Gall, dengan hasil kelayakan bahan ajar memiliki interpretasi valid dan praktis, efektivitas bahan ajar memiliki interpretasi efektif digunakan dan kendala-kendalanya ada di proses merancang bahan ajar