Janah, S. N. M (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Dengan rnMenggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Animaker Untuk rnKeterampilan Menulis Siswa Kelas X SMK. Penggunaan bahan ajar yang masih rnberupa buku paket, modul dan teks membuat siswa cenderung bosan atau tidak rntertarik mengikuti pembelajaran karena bahan ajar yang monoton sehingga menjadi rnsuatu permasalaha…
Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar berbantuan aplikasi canva dengan penggunaan model discovery learning terhadap upaya peningkatan keterampilan menulis fabel dengan = 1. mendeskripsikan proses bahan ajar berbantuan aplikasi canva, 2. mendeskripsikan hasil kelayakan bahan ajar, 3. mendeskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar, dan 4. mendeskripsikan hasil keterampilan menuli…
Kelayakan bahan ajar memperoleh rata-rata 82% dengan kriteria Sangat Layak". Respon siswa mencapai 83% pada uji coba terbatas dan 80% pada uji coba kriteria "Sangat Baik". Hasil menulis siswa pada uji terbatas memperoleh rata-rata 77 sedangkan pada uji luar memperoleh 79. Dapat disimpulkan siswa mencapai KKM yang ditetapkan."
Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode mind mapping berbantuan audio visual youtube dapat terlaksana
Terdapat peningkatan pada penggunaan model picture and picture dalam keterampilan menulis cerita pada siswa kelas II SD.
Hasil observasi guru dan siswa memperoleh 96% dengan kriteria sangat baik, hasil respon siswa rata-rata 89,4% termasuk kategori sangat baik, kesulitan siswa terdapat pada kaidah kebahasaan teks persuasi