Respon guru dan peserta didik melalui media bola kasti melalui permainan tangkap bola berbasis proyek ini sangat membantu mengembangkan motorik kasar
Pembelajaran daring ternyata sangat menyenangkan bagi anak usia dini dengan adanya bermain petak umpet membuat anak semangat untuk mengikuti pembelajaran
Pengembangan media pembelajaran permainan tradisional bakiak untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia dini
dalam mengembangkan pembelajaran motorik kasar melalui permainan lompat tali, guru melakukan perencanaan terlebih dahulu sesuai dengan acuan kurikulum 13 guru merespon sangat baik dan anak pun merasa senang, tetapi banyak sekali kesulitan dan kendala diantaranya media elektronik tidak semua ada tetapi sudah teratasi dengan diadakannya luring
Pada penelitian menghasilakn media yang dapat meningkatkan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Ceria Silih Asih, terbukti dari beberapa kali penelitian dalam mendapatkan hasil peningkatan yang baik
Telah dikembangkan sebuah produk berupa media realia, rata-rata penilaian validator ahli 97% sangat layak, validator media 93% kategori sangat layak, presentasi kelayakan guru 92,5% sangat layak. Media Relia melalui pembelajaran eksperimen dalam meningkatkan berfikir logis di Taam Al-Adzkar
Prosentase kenaikan kemampuan siswa dengan indikator kecepatan dalam gerakan, Kesesuain syair dalam gerakan dan kecepatan dan kelenturan anggota badan meningkat 17%
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan kegiatan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan motorik kasar anak secara efektif, efisien dan berkembang sangat baik
Bahwa permainan menjala ikan dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak karna dilakukan di luar kelas dan berhasil mengembangkan motorik kasar anak
pengembangan kemampuan motorik kasar melalui senam irama ceria 2 pada anak usia 4-5 tahun di paud sukrillah kecamatan cilaku, cianjur berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.