Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan RME dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Hasilnya adalah siswa dengan pembelajaran RME lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematik yang dinilai masih sangat kurang sehingga diperlukan alternatif pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian kemampuan komunikasi matematik yang menggunakan pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan mereka yang menggunakan pembelajaran RME leb…
Penggunaan model pembelajaran realistic mathematic education. Efektif digunakan dalam pembelajaran matematika, karena bisa meningkatkan rasa percaya diri dan pemahaman matematis siswa.
Moddel pembelajaran RME efektif dan memiliki peningkatan pada kemapuan pemahaman matematis dalam materi pecahan sederhana.
Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas IV SD dengan rata-rata pretest 42,73 dan rata-rata posttest 79,70