Skenario dan implementasi dalam kegiatan pembelajaran daring
Setelah banyak terpengaruh dengan media sosial, tujuan hidup anak dan remaja menjadi mulai berubah arah
media poster dalam layanan bimbingan kelompok terhadap kecanduan media sosial dinyatakan sangat layak dilihat dari hasil observasi di sekolah, lalu hasil validasi media yang bernilai sebesar 98% ahli media dan 82% ahli materi, dan hasil m.gain yaitu 0,7 artinya mengalami peningkatan yang sedang.
kesimpulan dan penelitian di sini menjelaskan bahwa pada era covid-19 melanda indonesia sistem pembelajaran siswa terganggu karena banyaknya siswa yang adiksi terhadap media sosial, dan hasil penelitian membuktikan bahwa self management bisa membantu memulihkan siswa untuk tidak adiksi
Dengan adanya pengembangan bahan ajar yang dibuat, yaitu dengan media sosial Facebook peserta didik dapat mengikuti pembelajaran secara interaktif
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung dalam menggunakan instagram ialah motif survaillance, motif diversi, motif hubungan pribadi dan identitas pribadi.