Membaca pemahaman merupakan tingkat lanjut dari kemampuan membaca. Pembaca dituntut untuk dapat mengerti isi bacaan dan mengetahui informasi apa saja yang ada dalam bacaan tersebut. Dengan latar belakang tersebut muncul permasalahan perlu adanya metode untuk melihat kemampuan membaca siswa. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil pembelajaran dan sisw…
Penelitian ini meneliti b ahwa membaca cepat tidak dapat secara alami melainkan melalui proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan selama penulis melakukan penelitian praktik mengajar dan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran.
Pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode discovery learning di kelas VII SMP. Hal ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode yang kurang efektif, seperti ceramah dan diskusi saja. Pengumpulan data penelitian ini melalui opbservasi, tes dan angket.
Dilatarbelakangi oleh kegiatan membaca yang masih rendah diminati oleh siswa. Permasalahannya adalah bagaimana aktivitas guru dan siswa, respon siswa dan perbedaan hasil belajarnya. Dari hasil penelitian terdapat hasil tes dengan perbedaan yang signifikan.
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kemampuan membaca siswa sangat penting peranannya bagi keberhasilan dirinya bahkan bisa mempengaruhi kemajuan negaranya.Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan serta perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode discovery learning. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa terdapatg perbedaan yang cukup besar…
Hasil penelitian menunjukkan penerapan CTL dalam pelajaran membaca meningkatkan hasil pembelajaran dan keaktifan dalam belajar
Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan pembelajaran maka peneliti menarik kesimpulan bahwa kemampuan membaca pemahaman pada kelas X meningkat signifikan dengan menggunakan metode quantum reading.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan metode pembelajaran tersebut menunjukkan hasil yang lebih baik daripada pembelajaran biasa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X SMA Islam Nurussalam dan mengetahui perbedaan yang terdapatr dari hasil membac cerpen sebelum dan sesudah dalam pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X. Metode yang digunakan adalah…
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam ketrampilan membaca puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan peserta bdidik sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi dengan kenaikan nilai tes awal 4…