Latar belakang dari penelitian ini karena kurangnya ketrampilan menulis karangan deskripsi di kalangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sesudah menggunakan metode think talk write dan hal tersebut meningkatkan kemampuan siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam menulis karangan narasi siswa selalu merasa kesulitan untuk menuangkan ide. Dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas, respon dan hasil dari pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis karangan narasi menggunakan metode quantum writing dinyatakan berhasil.
Pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode PBL bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, respon siswa dan mengetahui perbedaan tes awal dan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil observasi dan hasil respon yang baik dan peningkatan hasil tes pos test dan pre test.
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada ketrampilan menulis puisi belum menciptakan hasil yang maksimal. Didalam puisi akrostik menggunakan huruf dalam sebuah kata untuk memulai tiap baris dalam puisid dan menceritakan kata yang penting.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis. Berdasarkan hasil penelitian berupa analisis data dan observasi maka pelaksanaan pembelajaran ini berjalan dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kegiatan ,aktivitas,respon serta perbedaan dalam siswa menggunakan metode PAIKEM atau belum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi.
Hal yang menjadi latar belakang rendahnya minat menulis siswa, khususnya dalam menulis teks berita, maraknya berita hoax" yang berkembang di masyarakat dan rendahnya pengetahuan siswa mengenai berita terkini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, hasil menulis dan respon siswa terhadap penggunaan metode brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan metode brainstormi…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan meenulis karangan argumentasi dengan menggunakan metode brain writing dan mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode brain writing. Dan untuk mengetahui adakah perbedaan sebelum dan sesudah menulis karangan argumentasi menggunakan metode brain writing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil tes dari …
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri melalui karya tulis berbentuk puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas guru dan siswa, respon siswa dan hasil serta kemampuan siswa dalam menulis puisi menggunakan teknik imagine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning melalui teknik imagine dapat menin…
Penelitian ini berdasarkan pada keharusan siswa untuk memiliki ketrampilan dalam menulis, terutama dalam hal menulis cerpen. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan teknik picture ini.