Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran sesudah mendapatkan metode partisipasi. Hasil pembelajaran menulis puisi menunjukkan adanya perbedaan antara tes awal dan tes akhir. Jadi pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode partisipatori efektif untuk digunakan.
Latar belakang penelitian ini adalah karena kemampuan menulis siswa yang masih rendah, Dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis, bagaimanakah perbedaannya dan bagaimanakah respon siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode PAIKEM mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa dan terdapat peningkatan hasil tes …
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu (1) tidak semua guru bahasa Indonesia memiliki kegemaran menulis puisi (2) sikap berpikir kreatif dan inovatif yang belum tumbuh pada guru sebagai upaya mengembangkan diri (3) banyak siswa yang berpendapat bahwa menulis puisi itu sulit. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa (2) mengetahui perbedaan …
Pendekatan metakognitif dapat meningkatkan ketrampilan menulis puisi
Metode sugesti imaginasi masuk ke kategori baik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa
Membandingkan dua skripsi