Janah, S. N. M (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Dengan rnMenggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Animaker Untuk rnKeterampilan Menulis Siswa Kelas X SMK. Penggunaan bahan ajar yang masih rnberupa buku paket, modul dan teks membuat siswa cenderung bosan atau tidak rntertarik mengikuti pembelajaran karena bahan ajar yang monoton sehingga menjadi rnsuatu permasalaha…
Pengembangan bahan ajar menggunakan model project based learning (PJBL) berbantuan video maker fx dinyatakan layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa SMP kelas VIII
Berdasarkan proses pengembangan mendapatkan persentase 93% dari observasi siswa dan guru. Berdasarkan kelayakan mendapatkan 80% daru kedua ahli dan 88% dari praktisi. Berdasarkan respons siswa mendapatkan persentase 79% dan 84%. Berdasarkan kemampuan menulis siswa mendapatkan nilai 78 dan 85.
Bahan ajar menggunakan model project based learning berbantuan canva terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif menunjang pelaksanaan kegiata pembelajaran bahan indonesia.
Penelitian mengembangkan bahan ajar materi teks negosiasi dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model project based learning berbantuan powtoon
Dengan adanya bahan ajar modul menggunakan model project based learning, memudahkan siswa dalam menulis tek biografi
Pengembangan bahan ajar yang di kembangkan menunjukan kemampuan siswa
Hasil penelitian dan pengembangan model Project Based Learning berbantuan media Audiovisual lebih memerhatikan pengintegrasian sintak model Project Based Learning, banyak melibatkan siswa dalam belajar dan menambah penggunaan media Audiovisual sudah tepat. Pembelajaran menambah minat dan memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran, pembelajaran menjadi efektif sehingga dapat meningka…