Peningkatan kemampuan pemahaman CTL lebih baik dibandingkan menggunakan model konversional kesulitan yang dihadapi siswa dalam pemahaman konsep IPA antara lain mengidentifikasi objek perpindahan kalor, menyajikan konsep IPA berdasarkan.
Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas V setelah menggunakan model pembelajaran proble based learning
Model problem based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPS Siswa kelas IV SD, nilai rat-rata hasil pretest adalah 54,9 lalu meningkat menjadi 81,2 pada hasil posttest
Model pembelajaran based learning tepat untuk di terapkan dalam pembelajaran PPKN pada materi pengamalan pancasila karena berpengaruh terhadap hasil peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III sekolah dasar
Penggunaan Model Picture and picture berhasil untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siklus air (adanya peningkatan yang sifnifikan).
penggunaan model pmbelajaran CTL sanagt efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis materi pemecahan kelas III sekolah dasar.
- Peningkatan model kooperative tipe (STAD) berbantuan media scrapbook untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi gaya dan gerak meningkat secara signifikan.rn- Kesulitan siswa berada pada salah satu indikator pemahaman konsep yaitu mengkualifikasikan (Classifyng).
Setelah dilakukan penelitian maka hasil akhir penelitian dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas II di sekolah dasar negeri gunungleutik
Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis satuan panjang kelas III SD. Terdapat kesulitan siswa kelas III dalam mengkonversi satuan panjang pada soal cerita. Namun, Kesulitan dapat diatasai dengan proses belajar. Terdapat kesulitan guru dalam menggunakan model PBL, namun dapat teratasi .