Bahan ajar menggunakan model TGT berbasis media PPT interaktif memberikan dampak yang baik dalam pembelajaran menulis teks puisi
1. Proses pengembangan bahan ajar dari observasi mendapat rata - rata 98,5%, 2. Kelayakan bahan ajar memperoleh 91,3%, 3. Respons siswa terhadap bahan ajar mendapat presentase 84,2%, 4. Hasil kemamapuan menulis siswa 82,6 dan 84,1
Proses dan pengembangan bahan ajar menulis teks biografi menggunakan model PBL berbanyuan aplikasi canva menunjukan proses yang baik
Hasil akhir penelitian berupa bahan ajar berbasis aplikasi android dengan validasi sangat layak untuk digunakan
Kemampuan dalam menulis teks negosiasi siswa memperoleh nilai persentase pada uji coba terbatas sebesar 81% dan pada uji coba luas sebesar 83%. Dengan demikian produk yang dikembangkan sangat efektif dan dapat digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan dapat di simpulkan; rn1. proses pengembangan bahan ajar sesuai dengan metode penelitianrn2. kelayakan lembar kerja peserta didik dilihat dari hasil penelitian di kategorikan sangat layak digunakanrn3. efektifitas lembar kerja diperoleh hasil rata-rata dengan kriteria sangat efektif
Proses pengembangan bahan ajar terlaksana dengan baik dan produk layak digunakan.