Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penyesuaian mandiri peserta didik di sekolah
Penelitian telah berhasil Mengembangkan media booklet yang telah melalui proses perbaikan, penyempurnaan, dan uji coba dari penggunaan media untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP.
Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan pribadi sosial yang dilakukan secara kelompok dengan menggunakan teknik diskusi efektif karena memberikan informasi mengenai pentingnya melakukan penyesuain diri yang baik disekolah dan memberikan arahan agar siswa lebih percaya diri.
Kemampuan penyesuaian diri adalah pengembangan kemampuan seseorang untuk mampu beradaptasi sesuai dengan kondisi lingkungan.
Setelah melakukan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi ini siswa merasa lega karena merasa terbantu dan dapat menemukan jalan keluarnya terkait sulitnya penyesuaian diri di lingkungan baru. Siswa sangat antusias mengikuti layanan ini, mengikuti dari awal sampai akhir