Hasil respon siswa sebanyak 66,3% siswa menjawab iya sisanya 33,7% menjawab tidak
Skenario pembelajaran daring menulis teks persuasi pada siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan metode brainwriting berbasis video dilaksanakan dengan baik
Metode Example Non Example berhasil di implementasikan pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan hasil akhir siswa dapat berhasil membuat teks dengan mudah menuangkannya
Hasil skenario dan implementasi mendapat nilai kategori sangat baik, hasil respon siswa mencapai 83% dengan kategori sangat baik, dalam kesulitan siswa yaitu pada aspek penentuan struktur pada teks persuasi, dan kendala yang dihadapi guru yaitu menyiapkan siswa masuk ke aplikasi zoom meeting
Proses pengembangan bahan ajar berupa produk modul digital interaktif. Kelayakan validasi produk sudah dikatakan layak untuk digunakan. Respon terhadap pengembangan bahan ajar berdasarkan presentasi sudah dikategorikan sangat baik. Hasil kemampuan menulis teks persuasi sudah memperoleh nilai yang baik.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran daring menulis teks persuasi terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pertemuan pertama 78,81% kriteria sangat tinggi. Hasil observasi guru dan siswa 97,22% sangat tinggi. Hasil akhir 70,40%. Respon guru dan siswa sangat baik. Kesulitan siswa tidak aktif.
Proses pengembangan produk dilakukan dengan melalui 10 tahap penelitian model Borg And Galll. Hasil dari proses pengembangan media video pembelajaran ini berupa media video pembelajaran berbantuan aplikasi capcut dengan model think, talk, write (TTW), kelayakan terhadap media video pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak berdasarkan penilaian validator ahli yaitu 90%. Resp…
Hasil observasi guru dan siswa memperoleh 96% dengan kriteria sangat baik, hasil respon siswa rata-rata 89,4% termasuk kategori sangat baik, kesulitan siswa terdapat pada kaidah kebahasaan teks persuasi
Proses pengembangan ahan ajar dikembangkan menggunakan tahapan brog and gall, berbentuk salindia yang diunggah ke instagram hasil uji kelayakan bahan sangat valid dan layak, hasil respon siswa da guru menunjukan representasi sangat baik, hasil kemampuan menulis siswa memperoleh nilai yang baik
Hasil dari penelitian ini bahan ajar menggunakan model meaningful learning berbantuan aplikasi whatsapp berjalan dengan baik dan efektif