Pengembangan model pembelajaran yang dikembangkan lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konfesional siswa terdapat perbedaan yang signifikan
Penggunaan bahan ajar teks deskripi menggunakan problem based learning berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan menulis siswa smp kelas vii sangat membantu peserta didik untuk memahami dan membuat teks deskripsi
1. Proses pengembangan bahan ajar dari observasi mendapat rata - rata 98,5%, 2. Kelayakan bahan ajar memperoleh 91,3%, 3. Respons siswa terhadap bahan ajar mendapat presentase 84,2%, 4. Hasil kemamapuan menulis siswa 82,6 dan 84,1
Siswa kelas VIII di SMP Negri 39 Bandung dinyatakan mampu menyimak teks eksposisi dengan bahan ajar e-modul menggunakan Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Canva
There were significant effect of applying problem based learning or improving student writing skill in writing recount text
Kemampuan dalam menulis teks negosiasi siswa memperoleh nilai persentase pada uji coba terbatas sebesar 81% dan pada uji coba luas sebesar 83%. Dengan demikian produk yang dikembangkan sangat efektif dan dapat digunakan.
Proses pengembangan bahan ajar materi teks eksplanasi dikatakan layak setelah melewati proses pengembangan 8 dari 10 tahap model Borg and Gall. Bahan ajar telah divalidasi oleh 3 validator dan mendapat kriteria sangat layak. Dari respons siswa, bahan ajar menggunakan linktree lebih mudah dipahami, menyenangkan, meningkatkan motivasi siswa mencapai indikator ketercapaian dalam pembelajaran teks …