Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self control efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa.
Media layanan informasi berbasis animaker layak digunakan
Bimbingan belajar dengan teknik operant conditioning berbantuan Zoom Meeting berjalan dengan baik, namun tidak terlalu efektif. Sehingga pelaksanaan layanannya di ganti menjadi secara langsung
Berdasarkan hasil penelitian media vlog now memiliki kategori sangat layak dalam mereduksi prokrastinasi akademik, yakni 84,26%
Media video animasi yang dikembangkan efektif terhadap prokrastinasi akademik siswa
implementasi layanan berjalan dengan baik, respon siswa setelah diberikan layanan sangat baik, siswa muncul dari dalam diri siswa dan kendala guru BK pada saat pemberian layanan terdapat dua kendala secara umum. yaitu sarana dan waktu
Modul prokrastinasi terbukti efektif dalam menangani prokrastinasi akademik siswa setelah mendapatkan skor sebesar 90% ahli materi, 70% ahli materi, 97,5% ahli praktisi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management ini berjalan dengan baik sehingga dapat membantu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa
Pandemi COVID 19 memunculkan berbagai masalah di sektor ekonomi, kesehatan, sosial, terutama pendidikan yang memaksa proses belajar mengajar dilakukan secara online atau pembelajaran jarak jauh. Hal ini memicu berbagai masalah di dunia akademik salah satunya perilaku prokrastinasi akademik yang ditemui pada mahasiswa seperti menunda untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas. Meski pembelajaran …