Kegiatan observasi di lapangen menemukan faktor penyebab kesulitan emnulis dalam memilih langkah yang akand ijadikan topik utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan setelah menggunakan pendekatan metode proyek dan respon siswa atau hasil angket menunjukkan minat yang cukup baik.
Metode berbasis proyek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi terbukti hasil persentase lembar observasu guru 88,81%, siswa 88,97%, nilai rata-rata pretes 72 dan post test 82,8 tidak terdapat kesulitan
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan metode pembelajaran tersebut menunjukkan hasil yang lebih baik daripada pembelajaran biasa
Penerapan model PBP dilaksanakan 100% oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Terjadinya peningkatan indeks nilai berkembang sangat baik pada kemandirian anak selama 8 kali pertemuan dilakukan. Respon guru mulai meningkat seiring dengan perkembangan yang terjadi pula pada anak