Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam menulis karangan narasi siswa selalu merasa kesulitan untuk menuangkan ide. Dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas, respon dan hasil dari pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis karangan narasi menggunakan metode quantum writing dinyatakan berhasil.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang tidak tertarik menulis cerpen dan penulis mempunyai gagasan untuk menciptakan kemampuan dan kemauan siswa agar siswa tertarik menulis cerpen yaitu dengan menerapkan metode quantum writing.
Banyak orang yang merasa kesulitan dalam menulis, dan dengan menggunakan metode quantum writing diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan tersebut.
Terdapat perbedaan hasil belajar menulis cerpen antara kelas eksperimen yang menggunakan metode quantum writing dengan kelas kontrol yang menggunakan metode berbasis proyek
Dengan menerapkan metode quantum wrioting pada siswa kelas X MA YPMI Wanayasa dapat dinyatakan berhasil karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa
Metode pembelajaran dengan media ICT ( google classroom ) berpengaruh bagi guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
Model pembelajaran quantum writing sudah bisa digunakan disekolah, hasil penilaian kelayakan model quantum writing dari kedua validator menghasilkan skor 95 dengan kategori sangat baik bahwa rancangan pengembangan metode ini sangat layak untuk digunakan