Penelitian ini menjawab 4 rumusan masalah yaitu proses, kelayakan, respon, dan kemampuan menulis peserta didik. Adapun hasil penelitiasn yang didapatkan adalah menggunakan 8 langkah sugiyono, validasi produk valid, respon siswa baik, dan kemampuan menulis siswa baik (di atas KKM)
Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan pribadi sosial yang dilakukan secara kelompok dengan menggunakan teknik diskusi efektif karena memberikan informasi mengenai pentingnya melakukan penyesuain diri yang baik disekolah dan memberikan arahan agar siswa lebih percaya diri.
Konsep diri positif pada peserta didik kelas IX terlihat rendah dilihat dari perilaku peserta didik yang semestinya seperti tidak suka di kritik dan menarik diri dari lingkungannya
Setelah pembelajarn menggunakan metode inquery siswa dapat menulis surat pribadi dengan baik
Implementasi bimbingan pribadi-Sosial untuk peserta didik, kesulitan-kesulitan yang di hadapi peserta didik, respon peserta didik dan kendala guru bk