implementasi layanan konseling kelompok teknik role playing terhadap siswa yang memiliki perilaku kecanduan meroko, menunjukan hasil dan respoon yang baik, dalam siswa yang memiliki perilaku kecanduan meroko berkeinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelah di berikan pelayanan
Implementasi layanan bimbingan kelompok berjalan cukup baik, respon siswa setelah diberi layanan cukup baik, kendala siswa muncul dari dalam diri lingkungan siswa, dan kendala guru BK. Pada saat pemberian layanan siswa, yaitu saran dan respon siswa dan juga waktu.
Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role-playing terbukti cukup efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XI.
Terdapat peningkatan pada keterampilan berbicara siswa sebanyak 32 atau sekitar 91% setelah menggunakan model reole playing berbantuan media audio visual.
Hasil penelitian dari pembelajaran daring menulis teks drama menggunakan mode role playing berbantuan wattpad dapat dinyatakan efektif dan inovatif. Hal ini sejalan dengan data dan hasil penelitian yang sudah dicantumkan di pembahasan, kegiatan pembelajaran teks drama menggunakan mode role playing berbantuan wattpad berjalan sesuai dengan RPP dan skenario pembelajaran, serta hasil respon dan ev…