Penelitian ini menjawab 4 rumusan masalah yaitu proses, kelayakan, respon, dan kemampuan menulis peserta didik. Adapun hasil penelitiasn yang didapatkan adalah menggunakan 8 langkah sugiyono, validasi produk valid, respon siswa baik, dan kemampuan menulis siswa baik (di atas KKM)
Pembelajaran daring materi menulis surat lamaran kerja dengan metode cooperative script dianggap relevan dan efektif dalam proses dan peningkatan pembelajaran
Setelah pembelajarn menggunakan metode inquery siswa dapat menulis surat pribadi dengan baik
Bahan ajar dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran menulis surat dinas dengan berbantuan aplikasi canva sebagai sarana pembelajaran
Model LAPS Heuristik berbantuan aplikasi Google Mail dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia pada masa pandemi, dan tercapai kualitas pembelajaran dengan indikator perolehan nilai rata-rata di atas KKM yaitu 73,353 sementara kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 70
Pembelajaran menulis surat termasuk dalam keterampilan dasar berkomunikasi secara tulisan, setiap orang bisa menulis surat, namun kaidah dalam menulis surat sereing dianggap tidak penting sehingga kesalahan dalam menulis surat selalu terjadi. Menulis surat bertujuan menyampaikan informasi berupa tulisan dari penulis surat kepada penerima surat. Menulis surat dengan menggunakan media seperti wha…