Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada ketrampilan menulis puisi belum menciptakan hasil yang maksimal. Didalam puisi akrostik menggunakan huruf dalam sebuah kata untuk memulai tiap baris dalam puisid dan menceritakan kata yang penting.
Pembelajaran menulis puisi dengan teknik brainwriting bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peran teknik brainwriting dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik brainwriting.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa menulis cerpen dengan menggunakan teknik teratai dinyatakan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan hasilnya pun lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan teknik teratai.
Penelitian ini diawali karena rendahnya kemampuan siswa dalam menulis dan menuangkan ide. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan teknik IOC maka kemampuan siswa membaik. Faktor kesulitan siswa antara lain penggunaan bahasa, ejaan dan tata tulis.
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penyesuaian mandiri peserta didik di sekolah
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektifitas untuk meningkatkan Resiliansi dari siswa kelas viii Smp Negeri 8 cimahi
Pada penelitian ini menunjukan abhwa layanna bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kematangan emosional pada siswa. Hal ini di tunjukan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test.