Bahan ajar menggunakan model project based learning berbantuan canva terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif menunjang pelaksanaan kegiata pembelajaran bahan indonesia.
Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, tahap pengembangan, validasi ahli, tahap uji coba
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada pertemuan pertama mendapat nilai rata-rata 78,81% dengan kriteria tinggi dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada pertemuan kedua juga mendapat nilai rata-rata 95,48% dengan kriteria sangat tinggi. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran daring materi menulis…
Proses pengembangan media film pendek pada penelitian ini menghasilkan produk berupa media film pendek. Media film pendek layak digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik memberikan respon yang baik. Kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa meningkat.
Hasil penelitian di MTs Atsauri Sindangkerta dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dengan kategori baik dalam mengikuti pembelajaran daring selama 2 kali pertemuan dengan materi menulis teks cerita fantasi untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Dengan ini kategori guru/peneliti menyampaikan sebuah materi tersebut sudah sesuai dengan silabus, kurikulum 2013 re…