PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN CANVA PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII Penelitian LKPD ini dilatar belakangi oleh kurang menariknya LKPD rnsebagai bahan evaluasi siswa terhadap pembelajaran teks puisi. Tujuan dari penelitian ini rnyaitu guna menganalisis, (1) proses Bahan Ajar Dengan Menggunakan Model Think Talk rnWrite ( TTW) Berbantuan Canva Pada…
Hasil akhir penelitian berupa bahan ajar berbasis aplikasi android dengan validasi sangat layak untuk digunakan
Kemampuan menulis teks prosedur yang dimiliki peserta didik selama menggunakan bahan ajar menulis teks prosedur berbantuan aplikasi canva menggunakan model discovery learning dikatakan baik karena masing-masing nilai keterampilan pada uji lapangan awal 71% dan lapangan utama 82%.
Proses dalam hasil pengembangan media gambar berseri berbantuan canva dengan model DL dalam pembelajaran menulis teks prosedur menunjukan proses yang sangat baik, hasil uji palidasi oleh tiga palidator dikatakan sangat valid dengan rata-rata persentase penilaian 86,7%
Bahan ajar teks prosedur yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan dengan rata-rata skor 90% sementara respons siswa memperoleh nilai 84% pada uji coba terbatas dan 88% pada uji coba luas. Hasil menulis teks prosedur pada kedua uji coba mengalami peningkatan niali uji terbatas 76 dan uj coba luas 78.
Hasil dari penelitian pembelajaran daring teks menulis prosedur pada siswa kelas Vll menggunakan Metode Discovery Learning melalui Media Gambar dapat dikatakan berhasil atau dapat di gunakan
Pengembangan bahan ajar E-Handout dengan model problem based learning berbantuan aplikasi canva pada pembelajaran menulis teks prosedur untuk siswa kelas XI SMA berhasil dilakukan. Hal tersebut berdasarkan hasil berupa proses pengembangan sesuai dengan langkah metode R&D dan didukung dengan keterlaksanaan dan antusias siswa yang baik dalam kegiatan pembelajaran, memperoleh hasil validasi produk…
Berdasarkan proses pengembangan mendapatkan persentase 93% dari observasi siswa dan guru. Berdasarkan kelayakan mendapatkan 80% daru kedua ahli dan 88% dari praktisi. Berdasarkan respons siswa mendapatkan persentase 79% dan 84%. Berdasarkan kemampuan menulis siswa mendapatkan nilai 78 dan 85.
Kelayakan bahan ajar mendapatkan hasil Sangat layak" dengan presentasi 80%. Respon siswa mendapatkan hasil 79% pada uji coba terbatas dan 85% pada uji coba luas. Hasil menulis mendapatkan nilai rata-rata 82 pada uji coba terbatas dan 87 pada uji luas."