Hasil akhir penelitian berupa bahan ajar berbasis aplikasi android dengan validasi sangat layak untuk digunakan
Kemampuan menulis teks prosedur yang dimiliki peserta didik selama menggunakan bahan ajar menulis teks prosedur berbantuan aplikasi canva menggunakan model discovery learning dikatakan baik karena masing-masing nilai keterampilan pada uji lapangan awal 71% dan lapangan utama 82%.
Bahan ajar teks prosedur yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan dengan rata-rata skor 90% sementara respons siswa memperoleh nilai 84% pada uji coba terbatas dan 88% pada uji coba luas. Hasil menulis teks prosedur pada kedua uji coba mengalami peningkatan niali uji terbatas 76 dan uj coba luas 78.
Hasil dari penelitian pembelajaran daring teks menulis prosedur pada siswa kelas Vll menggunakan Metode Discovery Learning melalui Media Gambar dapat dikatakan berhasil atau dapat di gunakan
Berdasarkan proses pengembangan mendapatkan persentase 93% dari observasi siswa dan guru. Berdasarkan kelayakan mendapatkan 80% daru kedua ahli dan 88% dari praktisi. Berdasarkan respons siswa mendapatkan persentase 79% dan 84%. Berdasarkan kemampuan menulis siswa mendapatkan nilai 78 dan 85.
Layak ajar tidaknya sebuah pengembangan bahan ajar yang di terapkan di kelas VII siswa SMP menggunakan metode demontrasi berbasis kearifan lokal jenis real angklung
Pengembangan bahan ajar yang di kembangkan menunjukan kemampuan siswa
Skenario dan implementasi pembelajaran daring menulis teks prosedur menggunakan metode picture and picture dengan berbantuan media vidio interaktif telah mendapatkan hasil yang memuaskan
Lembar penelitian yang seluruhnya dipakai dapat dinyatakan memberikan hasil yang sesuai harapan (berjalan dengan baik). Namun dalam pelaksanaanya ada beberapa kendala yang dihadapi khususnya pengajar ketika menyampaikan materi melalui google classroom. Dari segi peserta didik dapat dikatakan berjalan dengan baik (mengikuti setiap ketentuan penelitian).