Pengembangan bahan ajar menggunakan model project based learning (PJBL) berbantuan video maker fx dinyatakan layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa SMP kelas VIII
Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model project citizen dengan berbantuan media tiktok siwa dapat memahami materi dan dapat di simpilkan bahwa media tiktok dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa bahan ajar yang dilakukan dapat merupakan siswa dalam belajar dan bahan ajar yang di gunakan layak untuk di gunakan
Proses pengembangan penelitian ini dilakukan berdasarkan Borg and Gall dalam sugiyono (2017 hlm 407) diantaranya terdapat potensi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain produk, uji coba produk terbatas, uji coba produk luas
Berdasarkan hasil penelitian saya, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTS Muslimin Citapen dapat di tingkatkan dengan menggunakan model PJBL berbantuan wattpad
Pengembangan STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media ICT dapat meningkatkan hasil menulis materi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cihampelas, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil nilai siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh penelitian dan untuk menyebab rumusan maslah penelitian pada bab sebelumnya