Terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model CIRC, Kesulitan yang dialami siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan model CIRC diantaranya pada saat membuat kesimpulan dan menceritakan kembali isi teks menggunakan bahasa sendiri, kesulitan yang dialami guru diantaranya, pengelolaan waktu selama pembelajaran
Penerapan model SQ3R menggunakan media video animasi untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas iv sekolah dasar menggunakan method penelitian mix method dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada penggunaan model CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, tingkat efektivitas menunjukan hasil model CIRC cukup efektif, proses penggunaan model CIRC berjalan dengan baik.
Terdapat peningkatan pada membaca pemahaman teks bacaan dengan menggunakan model picture and picture.
1. Terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa kelas V SDrn2. Terdapat kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa kelas V SDrn3. Terdapat kedulitan guru dalam menggunakan teknik review ishikawa fishbone.
1. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan strategi KWL dilihat dari nilai pretests dan postest.rn2. Tingkat efektivitas uji N-gain score 0,65 termasuk kategori tinggi.
Pembelajaran membaca pemahaman teks cerita siswa kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan model survei, question, read, recite, review (SQ3R) dengan media canva dapat mengatasi kesulitan siswa seerta mampu meningkatkan pembelajaran.