Berdasrkan hasil penelitian yang telah dilakukan, layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management memberikan pengaruh terhadap meningkatknya kemandirian belajar siswa smp negeri 1 ngamprag kelas viii it
Berdasarkan hasil penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managemen efektif untuk merurunkan prilaku konsumtif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bayongbong.
Layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan di SMPN 2 Cisompet dengan menggunakan teknik Self Management berupa Self Monitoring, Self Contracting, Self Control dan Self Reward memiliki hasil yang cukup baik, dimana siswa setelah diberikan layanan mengumpulkan tugas-tugas daring yang di berikan guru mapel dengan tepat waktu.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa modul yang digunakan dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik self Management ini efektif untuk membantu meningkatkan kematangan karier siswa SMKN 1 Cihampelas
kesimpulan dan penelitian di sini menjelaskan bahwa pada era covid-19 melanda indonesia sistem pembelajaran siswa terganggu karena banyaknya siswa yang adiksi terhadap media sosial, dan hasil penelitian membuktikan bahwa self management bisa membantu memulihkan siswa untuk tidak adiksi
1. Penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian layanan.rn2. Proses layanan terbagi kedalam beberapa tahapan.rn3. Kendala yang dihadapi : Guru BK tidak diberi jam khusus, tidak memiliki ruangan untuk layanan konseling kelompok.
Setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok online dengan teknik self management peserta didik sudah mengetahui dampak dari perilaku membolos
peserta didik lebih percaya diri dan bertanggung jawab dalam menghadapui berbagai masalah tanpa bergantung kepada orang lain serta bisa menghargai waktu kegiatan yang lebih bermanfaat
implementasi layanan berjalan dengan baik, respon siswa setelah diberikan layanan sangat baik, siswa muncul dari dalam diri siswa dan kendala guru BK pada saat pemberian layanan terdapat dua kendala secara umum. yaitu sarana dan waktu
Dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalahnya terutama dalam hal kedisiplinan