Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan matematik siswa, asosiasi diantaranya, gambaran kegiatan siswa serta gambaran kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan siswa lebih baik menggunakan kontekstual, terdapat a…
Kemampuan pemahaman dan penalaran matematis merupakan dua dari beberapa kemampuan ketrampilan proses yang perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika yang mengembangkan dan mengintegrasikan ketrampilan melalui lisan, tulisan, gambar, perkataan dan mampu menginterpretasikan apa yang telah dipelajari berdasarkan informasi untuk memperoleh solusi dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi guna…
Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa