Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang p…
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran pendekatan konvensional.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematik siswa sekolah menengah pertama di KBB. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konteks…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematika siswa yang masih rendah, dimana kemampuan komunikasi matematis juga merupakan kemampuan matematis yang perlu dikembangkan untuk membantu siswa mengorganisasi pengetahuan matematis mereka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran kontekstual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran biasa