Penelitian di lapangan terdapat peserta didik yang masih kesulitan dalam proses pembelajaran mengonversi secara tepat dan benar, sehingga dapat mempengaruhi ketrampilan menulis pada peserta didik dalam menulis teks berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menulis berita menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL)…
Proses pengembangan model project based learning berbasis karakter dalam pembelajaran menulis teks berita siswa SMP kelas VIII dengan hasil sangat baik mendapatkan persentase 94,4% validasi darikelas 3 validaktor dengan rata-rata 83% layak digunakan resporis siswa sangat setuju nilai siswa uji terbatas 77 dan uji luas 87
Metode DRILL berbantuan Aplikasi Video Lan Client relevan diterapkan pada masa pandemi dengan hasil belajar rata-rata 72,05
Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode mind mapping berbantuan audio visual youtube dapat terlaksana
Penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan melihat hasil belajar siswa yang cukup baik metode dan media yang digunakan cukup baik
Dapat di simpulkan bahwa penelitian yang dilakukan mengacu pada langkah pelaksanaan model pengembangan Bord and Gall seperti potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal
Dengan adanya pengembangan bahan ajar yang dibuat, yaitu dengan media sosial Facebook peserta didik dapat mengikuti pembelajaran secara interaktif
Hasil penelitian dari pembelajaran daring menulis teks berita menggunakan model TTW (Think Talk Write) berbantuan youtube dapat dinyatakan efektif dan inovatif. Hal ini sejalan dengan data dan hasil penelitian yang sudah dicantumkan di pembahasan. Kegiatan penelitian ini berjalan sesuai dengan RPP dan skenario pembelajaran, serta hasil respon dan evaluasi siswa terhadap pembelajaran menulis tek…
Berdasarkan hasil penelitian tes pengetahuan siswa memperoleh nilai rata-rata 87% , pada tes keterampilan memperoleh nilai rata-rata 90% , dan pada tes uji kelayakan memperoleh nilai rata-rata 80% , pada respons siswa memperoleh nilai rata-rata 87%