Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, perbedaan hasil menulis serta mengetahui respon siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, studi pustaka dan tes. Hasil penelitian adalah lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara tes awal dan …
Siswa kelas VIII di SMP Negri 39 Bandung dinyatakan mampu menyimak teks eksposisi dengan bahan ajar e-modul menggunakan Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Canva
Peroses pengembangan model tentunya mengacu
Metode ini baru digunakan dalam KBM
Pembelajaran daring materi menulis teks eksposisi skenario dan implementasi telah sesuai. Respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran sangat baik. Kesulitan yang dihadapi siswa terdapat pada struktur dan kaidah kebahasaan. Kendala yang dihadapi guru pada umumnya terdapat pada ketidakstabilan sinyal dan mengalami kesulitan dalam mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran.rnrnrnrnrnrn…
1. Hasil kelayakan bahan ajar dari tiga validator mendapat skor 85% Sangat Layak" rn2. Respons siswa uji coba terbatas, yaitu 81% dan uji coba luas, yaitu 84% kriteria "Sangat Baik"rn3. Hasil menulis teks eksposisi uji coba terbatas 80 dan uji coba luas 82."