Kemampuan dalam menulis teks negosiasi siswa memperoleh nilai persentase pada uji coba terbatas sebesar 81% dan pada uji coba luas sebesar 83%. Dengan demikian produk yang dikembangkan sangat efektif dan dapat digunakan.
Penelitian mengembangkan bahan ajar materi teks negosiasi dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model project based learning berbantuan powtoon
Skenario dan implementasi pembelajaran sesuai dengan skenario ilang dibuat ( hasil observasi sangat baik 96,8% ) respons peserta didik 76,25% ( sangat baik ). kendala guru rasa malas siswa, kurang stabilnya koneksi internet
Pembelajaran daring menulis teks negosiasi pada siswa kelas X MA dengan menggunakan metode discovery berbantuan media video learning dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menulis serta mampu meningkatkan pembelajaran siswa dalam hal menulis
Hasil penelitian, Skenario dan implementasi persentasi (LD) guru dan siswa sebesar 92% dan 92% respon guru dan siswa sebesar 80,8% dan 87,5% kesulitan-kesulitan siswa sebesar 77%
Hasil penelitian mendapatkan hasil dengan kategori sangat baik dan mendapatkan hasil penelitian meningkat dari setiap pertemuan
Pembelajaran daring menulis teks negosiasi dengan pendekatan kontekstual berbantuan media youtube dapat menjadi solusi bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran daring
Hasil uji coba terbatas menunjukan bahwa bahan ajr yang dikembangkan dalam kategori baik, berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar yang di kembangkan layak digunakan
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa skenario dan implementasi yang diuji dengan lembar observasi siswa &lembar observasi guru, angket respon siswa, kesulitan-kesulitan siswa diuji dengan tes kognitif individu, kelompok, dan tes psikomotor dapat dikategorikan baik. Serta kendala-kendala guru diuji dengan lembar evaluasi diri ditemukan 1 kesulitan yang dapat diatasi. Oleh karena itu, da…