PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD PADA MATERI MENAGGAPI PERMASALAHAN ATAU PERISTIWA MENGGUNAKAN METODE ACTIVE DEBATE DALAM MASA PANDEMI COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Active Debate, respon guru dan siswa, serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di kabupaten Bandung Barat dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri 11 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru, serta lembar angket guru dan siswa dan soal tentang menanggapi permasalahan atau peristiwa. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Active Debate sudah memenuhi kriteria, respon guru memperoleh 79% dan respon siswa memperoleh 77% yang termasuk kedalam kategori baik, serta kesulitan yang dialami siswa terdapat pada indikator memecahkan masalah dalam suatu permasalahan atau peristiwa dari sebuah topik.
Tidak tersedia versi lain