Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP
Penelitian yang dilakukan oleh Tim JICA menyimpulkan rendahnya kualitas pemahaman matematik siswa disebabkan oleh proses pembelajaran dimana guru terlalu berkonsentrasi pada latihan soal yang bersifat proseduralrnsehingga kemampuan pemahaman matematik siswa kurang berkembang. Latar belakang tersebut mendorong untuk diadakan kajian terhadap kemampuan pemahaman matematik siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa dengan menggunakan pembelajaranrnkooperatif tipe Think Pair Share dan konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasrnVII SMP Al-Furqan dengan sampel kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa tes essay 6rnitem. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa SMP yang menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Sharern(TPS) lebih baik dari model biasa. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data pretes, postes dan gain dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwarnpencapaian kemampuan pemahaman matematik siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada kemampuanrnpemahaman matematik siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional
Tidak tersedia versi lain