Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK SISWA SOCIAL WITHDRAWAL DI SMP NEGERI 1 SUCINARAJA GARUT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon siswa dan guru serta kendala rn– kendala yang di alami siswa dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial untuk rnsiswa social withdrawal kelas VII di SMP Negeri 1 Sucinaraja Garut. Metode yang rndigunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, penelitian rnini ditekankan pada gambaran secara objektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang rndiselidiki. Subjek dalam penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sucinaraja sebanyak 3 rnorang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 1 siswa laki – laki dan guru Bimbingan dan rnKonseling. Hasil penelitian diperoleh implementasi kondisi motivasi siswa yang social rnwithdrawal untuk bisa terbuka dan menerima kondisi sosial di sekitarnya semakin membaik rndan mengalami perubahan yang lumayan drastis dikarenakan penanganan yang diberikan rnoleh guru BK melalui serangkaian pelayanan. Salah satunya adalah program layanan rnbimbingan sosial. Respon siswa hasil analisis datanya menunjukkan bahwa layanan rnbimbingan pribadi sosial dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa yang tadinya memiliki rnmasalah social withdrawal. Respon guru melalui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi rnsosial untuk siswa social withdrawal ini, diharapkan guru BK mampu membimbing para rnsiswa untuk selalu mawas diri, sesuai dengan harapan dan memiliki jadwal khusus serta rnprogram BK yang sudah disusun. Kendala – kendala yang dihadapi siswa adalah kelemahan rndari layanan bimbingan itu sendiri yaitu (1) pembelajaran siswa yang berpusat pada guru rn(teacher centered learning), bersifat meanistik dan hanya berorientasi pada hasil yang rndiamati dan diukur, (2) Lingkungan sekitar dan keadaan diri individu di masa mendatang rnsering tidak dapat diatur dan diprediksikan dan bersifat kompleks.
Tidak tersedia versi lain