Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN KELMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS TERHADAP KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA SMK KELAS X
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memiliki kemampuan rnuntuk berkomunikasi. Kegagalan dalam berkomunikasi berakibat patal baik secara rnindividual maupun secara social. Secara individual, kegagalan komunikasi rnmenimbulkan frustasi, demoralisasi, alienasi dan penyakit jiwa lainnya sedangkan rnsecara social kegagalan komunikasi menghambat saling pengertian, kerjasama, rntoleransi dan merintangi pelaksanaan norma-norma social. Layanan bimbingan rnkelompok dengan teknik modeling simbolis merupakan salah satu upaya dalam rnberkomunikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh rnimplementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis rnterhadap komunikasi antar pribadi siswa kelas X. Untuk memperoleh respon rnpeserta didik kelas X pada saat pelaksanaan setelah diberikan layanan bimbingan rnkelompok dan untuk mengetahui hambatan peserta didik kelas X terhadap rnpelaksanaan komunikasi atar pribadi siswa. Penelitian ini bersifat Deskriptif rnkualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan rndokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah rnbidang Kesiswaan, Guru Bimbingan Konseling dan peserta didik kelas X SMK rnNegeri 9 Garut yang berjumlah 2 orang. Obyek penelitian ini implementasi, rnrespon dan hambatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling rnsimbolis peserta didik di SMK Negeri 9 Garut. Hasil dari penelitian ini rnadalah pertama, Implementasi layanana bimbingan kelompok dengan metode rnmodeling simbolis terhadap komunikasi antar siswa sudah baik. Kedua, respon rndari layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik sangat rnmerespon dengan baik, sehingga komunikasi antar pribadi siswa kelas X sudah rnterjalin dengan baik. Ketiga, Faktor penghambat layanan bimbingan kelompok rndengan menggunakan teknik modeling simbolis adalah kurang konsentrasi, rnkurang percaya diri, kurang keterbukaan peserta didik dan kurangnya sarana rnprasarana yang mendukung terutama layanan internet.
Tidak tersedia versi lain