Skripsi
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya siswa memahami konsep materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman membaca puisi siswa kelas IV SD menggunakan model Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalam metode deskripsi kualitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah siswa kelas IV SD. Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Mutiara Bunda di Kota Bandung kelas 4 Selancar yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal isian pendek yang berisi teks puisi sebanyak 5 soal. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Data tersebut diambil dari hasil observasi, wawancara, tes tulis, dan pengisian angket. Dalam perhitungan ujicoba instrumen dan pengolahan data menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman membaca puisi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Think Pair Share. Siswa menjadi lebih mudah untuk memahami makna dan kosakata dalam puisi sekaligus melatih percaya diri mereka dengan mengungkapkan pendapat serta berdiskusi bersama pasangannya dalam kelompok kecil.
Tidak tersedia versi lain