Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA SMA AL-MAS'UDIYAH KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD
Beranjak dari latar belakang penelitian-penelitian terdahulu perihal keterampilan menulis, ditemukan bahwa keterampilan menulis setiap siswa belum sepenuhnya menunjukan hasil yang maksimal. Hal ini terjadi seperti berulang pada setiap tahun ajaran baru ke tahun ajaran baru berikutnya. Faktor pembelajaran guru yang masih menggunakan paradigma lama dalam pembelajaran, masih berfokus kepada guru, dan motivasi siswa dalam pembelajaran yang masih belum terbangun menjadi alasan keterampilan menulis siswa belum sepenuhnya tercapai maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah sekenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa SMA kelas XI dengan menggunakan metode cooperative intergrated reading and composition (CIRC) berbantuan media flash card, untuk menelaah respon guru dan siswa SMA Kelas XI terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode cooperative intergrated reading and composition (CIRC) berbantuan media flash card, dan menelaah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMA Kelas XI dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Objek dalam penelitian yaitu siswa kelas XI SMA yang berjumlah 25 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan 91% hasil lembar observasi siswa, 91% hasil lembar observasi guru, 92% hasil respons guru dan 94% hasil respons siswa. Jika dilihat dari hasil yang didapatkan bisa disimpulkan bahwa penelitian ini berjalan dengan baik dan bisa dikatakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain