Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta resiliensi matematik siswa. Setelah melakukan penelitian, hasilnya diolah dan menunjukkan ketercapaian sesuai dengan tujuan.
Kemampuan berpikir kritis matematik dan self regulated learning merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa, akan tetapi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih rendah. Oleh karena itu proses pembelajaran yang diberikan guru harus menekankan pada proses berpikir. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan hal tersebut adalah pendekatan heuristik. Tu…
Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada dengan menggunakan pembelajaran biasa. Pembelajaran menggunakan problem based learning sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dimana siswa terlihat lebih aktif dan antusias …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 5 uraian dan data skor kemudian diolah dengan stat…
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Selain itu diungkap pula sikap resiliensi matematik terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan saintifik. Desai…
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP terhadap metode pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian ini adalah eksperimen kelompok kontrol pre tes post test dengan menggunakan dua kelompok. Hasil penelitia…
Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis serta minat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta disposisi matematik serta SMP dengan menggunakan pendekatan problem posing. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII dan sample diambil dari 10 kelas yang ada. Satu kelas sebagai kelas kontrol dan lain sebagai kelas eksperimen, Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa…
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan biasa.