Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran sesudah mendapatkan metode partisipasi. Hasil pembelajaran menulis puisi menunjukkan adanya perbedaan antara tes awal dan tes akhir. Jadi pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode partisipatori efektif untuk digunakan.
Partisipasi masyarakat dalam optimalisasi di masjid Al- Ihsan berjalan dengan sangat baik secara aktif menurut skala arnstein
Partisipasi masyarakat dalam program UPPKA masih minim
Peningkatan kemampuan pemahaman CTL lebih baik dibandingkan menggunakan model konversional kesulitan yang dihadapi siswa dalam pemahaman konsep IPA antara lain mengidentifikasi objek perpindahan kalor, menyajikan konsep IPA berdasarkan.
Penggunaan Model DL Meningkatkan Pemahamn Konsep Kelas IV SD
Adanya peningkatan dalam penggunaan model pembelajaran inquiri dibandingkan model konvensional dalam peningkatan pemahaman konsep pada siklus air kelas V SD.
pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep IpA siswa dilihat dari hasil nilai N gain uji U Mann Whitney 0,000 < 0,05 maka HO diterima. Dan terdapat kesulitan guru dan siswa saat melakukan pembelajaran.