Bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas XI
Hasil penelitian menunjukkan modul Bimbingan dan Konseling sangat layak digunakan dan efektif meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMPN 5 Cimahi kelas IX
konseling kelompok rasional emotif dapat membantu untuk mengembangkan kecerdasan anak santri penghafal AL-Qur'an dilihat dari implementasi koseling kelompok, respon siswa yang positf dan antusias terhadap proses koseling dan merasa terbentuk dalam kesulitan proses belajar.
Layanan bimbingan kelompok menggunakan video call WhatsApp dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Cimahi dinyatakan efektif. Terjadi pemahaman perilaku setelah diberikan layanan menandakan terjadi peningkatan kecerdasan emosional siswa peran guru BK sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role-playing terbukti cukup efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XI.
Implementasi bimbingan pribadi-Sosial untuk peserta didik, kesulitan-kesulitan yang di hadapi peserta didik, respon peserta didik dan kendala guru bk