Lemahnya kemampuan pemahaman matematik di tingkat siswa MTS serta kemandirian belajar. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Hasil penelitian pencapaian dan peningkatan siswa yang mendapatkan pendekatan problem solving lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan matematik siswa, asosiasi diantaranya, gambaran kegiatan siswa serta gambaran kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan siswa lebih baik menggunakan kontekstual, terdapat a…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana strategi yang dilakukan LKP dalam meningkatkan kemandirian melalui optimalisasi kemitraan blue ocean strategy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemandirian anak usia dini melalui pembiasaan aktivitas harian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi objektif kemandirian anak usia dini masih kurang optimal, guru tidak dapat membujuk anak apabila ada anak yang merajuk dan langsung memang…
Kemampuan pemahaman dan penalaran matematis merupakan dua dari beberapa kemampuan ketrampilan proses yang perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika yang mengembangkan dan mengintegrasikan ketrampilan melalui lisan, tulisan, gambar, perkataan dan mampu menginterpretasikan apa yang telah dipelajari berdasarkan informasi untuk memperoleh solusi dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi guna…
Penelitian dengan pendekatan induktif ini dinyatakan berhasil
Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa
Kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa