Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dibandingkan yang menggunakan pembelajaran biasa, menelaah gambaran implementasi pendekatan open ended dikelas serta menelaah kesulitan-kes…
abstrak
abstrak
asrak
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunbikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran biasa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen.
abstrak
abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain tes pretest dan pastest. Metode pengumpulann data adalah tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata hasil belajar kemampuan pemahaman dan komunikasi serta kemandirian belajar matematik siswa kelas dengan strategi think talk write lebih baik dan pada siswa kelas dengan pembelajaran biasa. Dengan demikian dapat dis…
Penelitian ini merupakan eksperimen berbentuk kelompok kontrol pre test post test, perlakukan pembelajaran probing prompting dan pembelajaran biasa, dengan populasi seluruh siswa SMP di kabupaten Subang. Dengan tujuan menelaah pencapaian dan peningkatan komunikasi dan koneksi matematik siswa, pencapaian skala disposisi matematik serta asosiasi antara koneksi dan disposisi matematik terhadap pem…
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan komunikasi dan menelaah kemampuan berpikir kreatif serta kebiasaan berpikir yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem solving dan pembelajaran biasa. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan dalam penelitian ini, yaitu masih rendahnya kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksp…