Kemampuan komunikasi matematik dan self-efficacy siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning dengan model pembelajaran reciprocal teaching. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dan data diolah dengan software SPSS 22.
Pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode PBL bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, respon siswa dan mengetahui perbedaan tes awal dan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil observasi dan hasil respon yang baik dan peningkatan hasil tes pos test dan pre test.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peningkatan kemampuan menulis pusisi oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas,respon dan perbedaan setelah menggunakan metode problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan hasil yang signifikan antara sebelum dan sesudah sehingga bisa disimpulkan bahwa metode PBL efektif untuk digu…
Pembelajaran menulis merupakan suatu kegiatan produktif yang berada pada urutan terakhir dalam empat ketrampilan berbahasa atau catur tunggal. Seperti yang kita ketahui bahwa ketrampilan menulis masih dinilai rendah khususnya di kalangan siswa , hambatan yang sering dialami siswa adalah yaitu daya imajinasi yang kurang, kurangnya pengembangan ide sehingga siswa kesulitan memulai kegiatan menuli…
Permasalahan yang timbul pada penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan pencapaian dan pemahaman matematik siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, Metode yang digunakan dalam penelitian …
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan persoalan matematika dan mengkaji adakah perubahan menggunakan pendekatan problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada pembelajaran biasa.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian, baik dari hasil analisis data maupun uji hipotesis disimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi dan matematis siswa lebih baik setelah menggunakan pendekatan problem based learning.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP yang menggunakan pendekatan problem based learning berbantuan software geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan software geogebra dengan pendekatan problem based learning lebih b…
Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada dengan menggunakan pembelajaran biasa. Pembelajaran menggunakan problem based learning sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dimana siswa terlihat lebih aktif dan antusias …