Latar belakang penelitian ini karena kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik serta kepercayaan diri siswa SMP masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik serta kepercayaan diri siswa antara yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan bantuan software geogebra dan pembelajaran langsung. Hasi…
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman matematik siswa MTS, sehingga untuk menyelesaikan masalah tersebut diperlukan sebuah solusi atau metode belajar agar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah berbantuan software geogebra. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa lebih baik dengan menggunakan metode inkui…
Proses pengembangan bahan ajar menggunakan metode R&D model Borg and Gall, bahan ajar ini layak untuk digunakan dengan interpretasi kelayakan sebesar 96,33% serta efektivitas terhadap kemampuan koneksi matematis memiliki interpretasi sebesar 77,71%
1. Skenario dan implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berjalan sebagaimana mestinya.rn2. Respon guru terhadap pendekatan saintifik dalam penyampaian materi bentuk dan operasi aljabar yaitu positif.rn3. Masih kurangnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan soal cerita.rn4. Masih kurangnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan hasil yang telah dipelajari.
The use of mathematical software in learning has been widely applied. This meta-analysis study was conducted to examine the Hawthorne effect", or the novelty of using mathematical software in learning. Related databases are sought for studies that qualify for examining the effects of using mathematical software compared to traditional teaching on students' mathematical abilities. Random-effect …